4 Hard Skill Yang Paling Banyak Dicari Perusahaan Dari Para Pelamar

Meski banyak yang mengatakan bahwa soft skill berperan penting dalam dunia kerja, nyatanya hard skill pun juga sesuatu yang tak boleh dikesampingkan. Pasalnya, sejumlah perusahaan mencari karyawan yang memiliki hard skill bagus pada keahlian tertentu. Hal ini tentu saja bisa menjadi tolak ukur bagi perusahaan bagaimana performa karyawan tersebut. Disinilah perusahaan akan mencantumkan job description atau tanggung jawab yang wajib dimiliki seorang karyawan pada saat mereka menjalankan tugas yang dijalaninya. Hard skill bukanlah skill yang bisa diasah secara instan! Terkadang butuh waktu mengenyam pendidikan bertahun-tahun, mengikuti seminar dan workshop, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa kriteria hard skill yang banyak dicari perusahaan-perusahaan.

 

1. Pendidikan Terakhir, Jurusan dan Kualitas Kampus

Hanya dengan melihat CV yang dikirimkan, para HRD bisa mengetahui gambaran sedikit tentang kualitas yang anda miliki. Pendidikan terakhir sangat berpengaruh terkait diterima atau tidaknya anda bekerja dalam perusahaan tertentu. Pasalnya, beberapa perusahaan membutuhkan karyawan dengan pendidikan S1, S2, dan tingkat lain yang lebih tinggi. Jurusan pun juga menentukan apakah anda berada di jurusan yang sesuai dengan job deskripsi. Misalnya anda kuliah di jurusan sastra inggris, tidak mungkin anda melamar untuk posisi Web Developer. Kalau untuk posisi ini biasanya yang dicari adalah orang yang kuliah di jurusan Sistem Informatika.

 

2. Pengalaman Bekerja Sebelumnya

Hard skill lainnya adalah tentang pengalaman bekerja anda sebelumnya. Dari sinilah perusahaan juga akan menilai kapabilitas anda saat bekerja di perusahaan tersebut. Dimana sebelumnya anda bekerja, apa posisi anda, berapa lama anda bertahan bekerja di posisi tersebut, dan lain sebagainya. Semua akan menjadi acuan bagi perusahaan untuk mendalami lebih jauh tentang apa yang kira-kira bisa anda lakukan untuk mereka. Selain itu, jika anda memiliki pengalaman bekerja di tempat yang bagus sebelumnya, hal ini juga akan menambah nilai plus yang meningkatkan peluang diterimanya anda bekerja di tempat tersebut.

 

3. Prestasi Apa Saja Yang Sudah Anda Lakukan

Dalam sesi wawancara biasanya pihak HRD ingin mengorek lebih jauh tentang apa saja prestasi yang bisa anda lakukan di perusahaan sebelumnya. Hal ini juga akan bisa menjadia tolak ukur bagi perusahaan untuk mengetahui sejauh mana performa yang bisa anda berikan kepada mereka. Prestasi tersebut juga bisa dilihat dari pengalaman anda menjadi PIC di proyek tertentu, sukses melampaui target perusahaan dan lain sebagainya.

 

4. Kuasai Satu Hard Skill Yang Paling Anda Sukai

Anda bebas memiliki hard skill berapapun yang diinginkan. Ada orang yang bisa menulis, coding, dan juga perawat. Tapi apakah anda akan menjalankan tiga job desk tersebut sekaligus di perusahaan? Tentu saja tidak! Karena setiap orang akan dituntut untuk concern di satu bidang saja saat bekerja di perusahaan. Jadi benar-benar pikirkan secara detail dan baik apa sebetulnya hard skill yang paling anda kuasai. Kemudian tingkatkan kemampuan tersebut dengan belajar dan terus berjuang sampai maksimal.  

TERTARIK INGIN TAU LEBIH LANJUT TENTANG
TUNAS BANGSA SILAKAN BISA CHAT
DI LINK BERIKUT INI

ISI FORM