Sebagai anak muda, kamu pasti sering bertanya-tanya tentang masa depan yang akan kamu jalani kelak; apakah kamu akan sukses? Apakah kamu bisa meraih mimpimu? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang daftarnya tidak akan pernah habis. Namun tanpa kamu sadari, bisa jadi kamu ternyata memiliki potensi besar dalam dirimu untuk meraih kesuksesan tersebut.

Nah, kalau kamu memiliki semua ciri-ciri di bawah ini, tandanya kamu punya bekal yang potensial untuk meraih apa saja yang kamu mau dalam hidup. Kamu hanya perlu menyadari dan kemudian mengembangkannya.

1. Kamu tidak takut untuk mengekspresikan diri

Kamu berani mengatakan apa yang kamu pikirkan dan kamu juga tidak sungkan mengakui kesalahan yang kamu lakukan. Mengekpresikan diri bukan tentang mengungkapkan lewat suara saja, tapi juga lewat karya. Kamu tidak hanya pandai bicara, tapi punya hasil yang membuat dirimu sendiri bangga.

2. Kamu tepat waktu dan bisa diandalkan

Dalam artian kamu tidak suka membuat orang lain menunggu. Kamu tahu apa tanggung jawabmu dan tahu juga cara untuk menyelesaikannya. Orang lain bahkan menyadarinya sendiri bahwa kamu orang yang bisa diandalkan. Kamu punya prinsip dan memegang teguh prinsip tersebut. Saat ada orang yang mengandalkanmu, tandanya kamu memang orang yang bisa dipercaya.

3. Kamu punya keinginan untuk mengembangkan diri

Dalam bidang apapun; musik, akademis, seni atau apapun itu, kamu ingin berkembang dan tidak ingin kemampuanmu hanya itu-itu saja. Kamu tahu kamu masih harus banyak belajar makanya kamu tidak menutup diri pada pembelajaran. Kamu ingin selalu berkembang dan berusaha yang terbaik demi dirimu sendiri.

4. Kamu tidak canggung saat meminta saran orang lain

Kamu tidak merasa malu apalagi merasa rendah diri. Justru kamu menghargai semua ilmu yang coba orang lain berikan padamu. Kamu yang akan sukses di masa depan adalah kamu yang mau terus belajar dan menerima masukan bahkan kritikan. Kamu selalu merasa kosong dan tidak tahu apa-apa sehingga kamu ingin selalu mencari tahu.

5. Kamu melihat kegagalan yang kamu alami sebagai motivasi

Kamu memang sedih saat gagal, tapi kamu tidak membiarkan dirimu terpuruk. Kamu tahu dengan jelas bahwa kegagalan terjadi bukan karena kebetulan. Kamu justru memiliki semangat yang jauh lebih banyak untuk mencoba lagi dan lagi. Kamu tidak akan berhenti sebelum kamu benar-benar mendapatkan apa yang kamu mau.

6. Kamu tidak mengharapkan orang lain melakukan sesuatu untukmu

Kamu tidak bergantung pada orang lain termasuk orangtuamu. Kamu tahu bahwa kesuksesan orangtuamu belum tentu menjadi kesuksesanmu. Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu punya sifat ini? Apakah kamu tidak bergantung pada orang lain? Kalau iya, tandanya kamu memang cukup siap untuk meraih kesuksesanmu sendiri.

7. Kamu tegas dan percaya diri

Faktanya, lebih sulit tegas pada diri sendiri daripada tegas dengan orang lain. Contohnya saja, banyak orang yang mentolerir dirinya saat bangun kesiangan atau saat melakukan kesalahan. Itu adalah beberapa contoh dari ketidak tegasan pada diri sendiri. Tapi kamu yang akan sukses di masa depan adalah kamu yang bisa tegas dengan dirimu termasuk kesalahanmu. Kamu percaya pada dirimu bahwa kamu mampu meraih segala sesuatu asal kamu mau mengusahakannya.

Sukses memang relatif. Apa yang kamu anggap sebagai kesuksesan, belum tentu sama dengan standar yang orang lain tetapkan. Tapi, semuanya adalah tentang mematahkan standar yang kamu ciptakan sendiri dan menghancurkan penghalang yang kamu alami sendiri. Jangan pernah bandingkan dirimu dengan orang lain. Kamu sudah punya modal, fokus saja raih apa saja yang kamu idamkan. Jangan pernah kehilangan harapan, ya!