Pahami 5 Etika Mencari Kerja Berikut Ini Supaya Lamaran Kerjamu Diterima

Mencari kerja adalah tantangan baru yang harus dihadapi para fresh graduate maupun para pro yang telah resign dari perusahaan sebelumnya. Banyak dari para pelamar yang berlomba-lomba membuat CV dan surat lamaran kerja sebagus mungkin dengan harapan bisa diterima di perusahaan terkait. Namun, sehebat apapun CV yang kamu berikan, peluangmu untuk diterima akan kecil kalau tidak memahami etika dalam mencari kerja. Pasalnya, kesan awal yang dilihat perusahaan adalah etika dan body language yang kamu tunjukan kepada mereka. Sebuah perusahaan pastinya ingin mendapatkan karyawan yang passionate, percaya diri, dan juga bisa diandalkan. Berikut adalah 5 etika yang wajib kamu pahami dalam mencari kerja.

 

Gunakan Pakaian dan Make Up Yang Tepat Saat Wawancara Kerja

Penampilan tetap menjadi sebuah etika mencari kerja yang tidak pernah lekang oleh waktu. Perusahaan juga akan memperhatikan seberapa meyakinkan penampilan yang kamu tunjukan untuk melamar kerja didepan mereka. Gunakan pakaian yang sopan dan rapi. Hal yang tidak dianjurkan adalah memakai aksesoris terlalu banyak, semir sepatu yang terlalu tebal, parfum yang beraroma terlalu berat dan lain sebagainya. Hindari pula memakai make up yang terlalu menor dan juga warna dasi polkadot yang terkesan aneh.

 

Jangan Mengunyah Permen dan Bermain Gadget Saat Wawancara

Satu hal yang akan mengurangi nilai kamu dalam menghadapi wawancara kerja adalah melakukan hal yang tak perlu, seperti mengunyah permen karet dan juga bermain gadget! Dua hal tersebut menunjukan bahwa kamu terlalu santai dan terkesan tak serius dalam melamar kerja. Bahkan para HRD juga akan merasa kamu menganggap remeh perusahaan terkait dengan caramu bersikap tersebut.

 

Jangan Lemas Saat Berjabat Tangan

Jabat tangan adalah momen penting bagi perusahaan mengetahui seberapa besar tekad dan keyakinanmu melamar didalamnya. Serta menunjukan apakah kamu orang yang introvert atau ekstrovert. Kebanyakan perusahaan ingin karyawan yang bisa berinteraksi dengan banyak orang dan menghadapi tantang yang ada didepan. Jadi berjabat tanganlah dengan meyakinkan, tegas dan percaya diri. Jangan berjabat tangan dengan lemas, ragu-ragu, apalagi kaku.

 

Hindari Menggunakan Email Yang Alay di Surat Lamaran

Menggunakan alamat email yang alay atau tidak resmi sebaiknya dihindari. Pasalnya, ini akan mengurangi citramu sebagai professional yang ingin melamar kerja di sebuah perusahaan. Alangkah baiknya jika kamu menggunakan alamat email dengan nama lengkap, contoh namakamu@gmai.com atau namakamu@yahoo.co.id, dan lain sebagainya. Memakai email seperti Diana-cantik-imut-sekali@gmail.com atau  email alay sejenisnya sangat tidak dianjurkan.

 

Lakukan Negosiasi Gaji Secara Sopan

Saat wawancara kerja, negosiasi tentang gaji adalah hal yang lumrah dilakukan. Namun, kamu harus paham bahwa pertanyaan tentang gaji yang diinginkan adalah sesuatu yang sensitif. Jadi jawablah pertanyaan yang diajukan tersebut secara sopan dan tepat! Jangan juga meminta gaji yang tak masuk akal dan memberatkan peruahaan tersebut.

TERTARIK INGIN TAU LEBIH LANJUT TENTANG
TUNAS BANGSA SILAKAN BISA CHAT
DI LINK BERIKUT INI

ISI FORM