Millenials Wajib Tau! Bagaimana Memilih Jurusan Yang Tepat

Para calon mahasiswa wajib untuk memilih jurusan yang tepat. Pasalnya jenjang kuliah membutuhkan waktu kurang lebih 4 tahun untuk bisa lulus. Selain itu, kamu juga akan mengeluarkan tenaga, uang dan pikiran untuk berkonsentrasi dalam jurusan yang dipilih. Jika sudah terlanjur salah pilih jurusan, apa yang harus dilakukan? Tetap tenang dan hadapi semuanya dengan gigih. Mau tidak mau, kamu sudah memilih jurusan tersebut di awal.

Konsekuensinya adalah tetap menjalani kuliah yang sudah ada didepan mata. Solusi alternatif lainnya adalah dengan mengikuti UMK atau kegiatan organisasi yang sejalan dengan jurusan yang kamu inginkan. Misalnya kamu minat pada jurusan seni rupa, sementara kamu saat ini berada di jurusan akuntansi. Maka kamu bisa mengikuti kegiatan UKM seni rupa untuk mempertajam skill yang kamu sukai tersebut. Tapi alangkah baiknya jika semua sudah kamu persiapkan di awal, sehingga kamu tidak sampai salah dalam memilih jurusan tersebut. Berikut adalah cara yang bisa kamu terapkan.

 

Ketahui Apa Minat dan Skill Yang Kamu Sukai

Tidak ada yang tau apa yang benar-benar kamu sukai selain dirimu sendiri. Oleh karena itu gunakan waktumu untuk berpikir sejak sekarang. Apa jurusan yang benar-benar pas di hatimu dan kamu akan bahagia saat menjalaninya. Misalnya, kamu sangat suka bahasa asing, kamu bisa memilih jurusan Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan lain sebagainya.

 

Diskusi Dengan Orang Terdekat atau Keluarga

Kamu bisa memilih jurusan dengan baik jika mendiskusikannya dengan keluarga atau orang terdekat. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan sejumlah masukan untuk bahan pertimbangan. Hal ini sangat penting apabila kamu berada diantara dua atau tiga pilihan jurusan yang kamu suka. Misalnya, kamu punya kesukaan dalam bidang bahasa, matematika, dan informatika. Mana yang terbaik? Bicarakan hal ini dengan orang terdekatmu.

 

Pertimbangkan Yang Lebih Menguntungkan Untuk Masa Depan

Ada beberapa jurusan yang kelihatannya sangat susah lahan kerjanya di masa mendatang. Oleh karena itu kamu wajib memilih jurusan yang menguntungkan untuk masa depan, yakni jurusan yang membuka banyak lahan bagimu untuk mendapatkan penghasilan pasti. Salah satu jurusan yang punya banyak lahan kerja di masa mendatang adalah jurusan pendidikan guru, akuntansi, manajemen, dan lain sebagainya.

 

Sharing Dengan Mahasiswa-Mahasiswa Yang Sudah Merasakan Kuliah

Mungkin kamu punya kakak atau teman yang sudah merasakan bagaimana rasanya kuliah. Kamu bisa berbincang dengan mereka untuk merasakan sendiri bagaimana dunia kuliah yang sebenarnya. Apa saja mata kuliah yang harus mereka hadapi dan juga tantangan yang ada didepan. Dengan cara ini, kamu pun akan bisa mempertimbangkan mana jurusan yang lebih ringan untuk kamu hadapi, namun kamu benar-benar bisa terjun didalamnya dengan hati gembira.

TERTARIK INGIN TAU LEBIH LANJUT TENTANG
TUNAS BANGSA SILAKAN BISA CHAT
DI LINK BERIKUT INI

ISI FORM