Jadilah Karyawan Baik! Ini 6 Etika Bekerja Yang Wajib Kamu Terapkan

Dalam dunia kerja, kamu harus benar-benar menjaga citra diri dengan sangat baik. Caranya adalah dengan memahami sejumlah etika di dunia kerja. Pasalnya, disini kamu akan berhadapan dengan banyak orang sekaligus. Kamu akan berinteraksi dengan mereka. Apalagi kamu juga harus menghadapi atasan dan bawahan. Kamu juga harus tau etika seperti apa yang harus diterapkan. Hal ini akan menghindarkan kamu dari konflik emosional yang tidak perlu, serta tetap mempertahankan performa kerja dengan baik. Bahkan bisa meminimalisir gangguan yang kamu dapatkan di dunia kerja. Berikut adalah 6 etika dalam dunia kerja yang wajib kamu terapkan.

 

1. Datang Tepat Waktu

Datang tepat waktu terkadang disepelekan oleh banyak karyawan. Padahal, datang on time adalah hal terpenting untuk menunjukan etika baikmu dalam bekerja. Hal ini juga menunjukan bahwa kita juga menghargai para kolega lainnya yang datang tepat waktu di kantor. Seperti kata pepatah “waktu tidak akan menunggu siapapun”. Waktu yang sudah hilang, tak akan bisa didapatkan kembali.

 

2. Memakai Busana Kerja Yang Rapi dan Sopan

Meskipun kamu merasa tempat kerja adalah rumah keduamu, jangan beranggapan kamu bisa mengenakan busana sekenaknya disini. Kamu harus tetap mengutamakan busana kerja yang rapid an sopan. Jangan pula memamerkan koleksi yang mahal seperti jam tangan, tas, dan juga aksesoris lainnya. Hormati karyawan lainnya dan ini juga membuatmu tetap aman dari bahan gunjingan.

 

3. Hindari Bergosip Dengan Teman Sesama Kerja

Gosip hanyalah sesuatu yang tidak penting dan membuat pikiranmu terganggu oleh drama-drama yang tidak perlu. Jangan pernah bergosip, karena pasti kamu tak ingin digosipkan oleh orang lain, bukan? Bahkan selain bisa mengusik orang lai, kebiasaan bergosip bisa mengancam perjalanan karirmu di dunia kerja. Daripada bergosip, sebaiknya jadilah sosok yang selalu berkomentar positif dengan sesama kolega.

 

4. Jangan Menyela Pembicaraan Orang Lain

Berbicara pun juga ada etikanya. Kamu tidak boleh tiba-tiba menyela pembicaraan orang lain. Hal ini menunjukan bahwa kamu memiliki skpan yang egois. Apalagi jika kamu tiba-tiba menyela perbincangan saat sedang ada diskusi penting, maupun ketika teman kerja sedang telepon dengan orang lain. Interupsi adalah hal yang tak perlu dilakukan. Jika kamu ingin berbicara dengan mereka, tunggulah sampai perbincangan tersebut selesai. Atau mintalah kode untuk segera menyelesaikan perbincangan jika diperbolehkan.

 

5. Jangan Berisik Di Kantor

Banyak sekali karyawan yang mengeluh karena koleganya terlalu berisik atau sering melakukan hal-hal tak penting yang mengganggu ketenangan karyawan. Misalnya bernyanyi-nyanyi terlalu keras, berteriak-teriak, tertawa terbahak-bahak dan lain sebagainya. Kamu harus mengatur sikap yang tepat di kantor supaya orang lain tidak terpancing emosinya.

 

6. Jangan Menebar Aroma Kurang Sedap

Jangan pernah menjadi sumber bau di kantor. Misalnya di mejamu banyak sampah, kamu mengenakan kaos kaki yang bau, parfum yang kamu kenakan terlalu strong dan lain sebagainya. Ingatlah, jangan berasumsi semua orang suka dengan bau yang kamu tebarkan. Jadilah pribadi yang sopan.

 

TERTARIK INGIN TAU LEBIH LANJUT TENTANG
TUNAS BANGSA SILAKAN BISA CHAT
DI LINK BERIKUT INI

ISI FORM