Diploma dan Sarjana adalah dua hal yang berbeda. Ketika lulus di Sekolah Menengah Atas, pastinya kamu ingin tahu tentang pilihan jenjang pendidikan selanjutnya yang akan diambil. Di sini ada dua pilihan yang bisa kamu pilih, yaitu Diploma dan Sarjana. Lalu mana yang sebaiknya kamu pilih diantara dua pilihan tersebut? Sudah pasti yang sebaiknya dipilih adalah jenjang pendidikan yang tepat dan sesuai dengan keinginan minat dan bakat kamu. Tentu ada banyak yang bertanya, apa sih bedanya Diploma dan Sarjana? Keduanya sudah jelas memiliki perbedaan tersendiri. Mari kita bahas selengkapnya di sini.

 

Diploma

Diploma Dan Sarjana, Bagus Mana

tunasbangsajakarta.ac.id

Diploma merupakan jenjang pendidikan lanjutan ketika seorang mahasiswa ingin melanjutkan pendidikannya dari Sekolah Menengah Atas. Di sini masa pendidikannya itu sendiri hanyalah 3 tahun saja. Dalam 3 tahun tersebut, mahasiswa akan belajar tentang materi-materi perkuliahan sesuai dengan yang ditentukan pihak kampus untuk jenjang pendidikan Diploma.

 

Tahukah kamu? Selain mencetak lulusan yang mahir di bidang teknik informatika, Akademi Teknik Tunas Bangsa Jakarta juga akan menciptakan generasi Milenials berjiwa Entrepreneurship. Kamu mau jadi lulusan berkompeten? Yuk gabung dengan klik Form Pendaftaran berikut ini.

 

Sebetulnya Diploma juga tidak selalu 3 tahun, ada D4 yang maan mewajibkan mahasiswanya untuk berkuliah dengan jenjang waktu selama 4 tahun lamanya. Tentu sama dengan penjelasan sebelumnya, di sini materi juga akan dipilih sesuai kebijakan kampus. Nantinya di akhir perkuliahan Semester 6 atau Semester 8, mahasiswanya akan diwajibkan untuk membuat Tugas Akhir sebagai syarat utama untuk bisa lulus dari jenjang pendidikan Diploma ini.

 

Sarjana

Diploma Dan Sarjana, Bagus Mana

tunasbangsajakarta.ac.id

Sarjana merupakan jenjang pendidikan yang kerap dipilih oleh para siswa yang hendak melanjutkan pendidikannya. Dalam hal ini, para siswa bisa mencoba untuk memilih berkuliah di kampus negeri atau kampus swasta yang menyediakan fasilitas jenjang pendidikan Sarjana tersebut. Untuk jenjang pendidikan Sarjana sendiri umumnya diselesaikan dengan ketentuan waktu 4 tahun. Nantinya di akhir semester para mahasiswa akan diwajibkan untuk membuat Skripsi. Yang mana skripsi tersebut pastinya berdasarkan analisa yang matang dan mendalam. Untuk jenjang ini disebut sebagai S1.

Sementara, ada juga pilihan S2 untuk mahasiswa yang ingin lebih mendalami lagi tentang materi perkuliahan yang diinginkannya. Kuliah di S2 tentu menandakan bahwa jenjang pendidikan yang diambil itu sendiri juga akan lebih tinggi lagi. Di sisi lain, hal tersebut juga amat penting bagi mahasiswa yang benar-benar ingin mendalami materi yang diinginkannya. Untuk masa pendidikannya biasanya tidak lama, berkisar hanya 1 tahun atau 2 tahun tergantung pilihan yang diinginkan.

 

Diploma dan Sarjana, Pilih Mana?

Diploma Dan Sarjana, Bagus Mana

tunasbangsajakarta.ac.id

Tentunya dalam pemilihan Diploma dan Sarjana tersebut harus benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Pasalnya, ada juga sejumlah mahasiswa yang ingin memilih menjadi Sarjana untuk mendapatkan pendidikan yang lebih lengkap. Tapi ada juga yang ingin menjadi Diploma saja karena dirasa sejumlah materi yang ada didalamnya sudah cukup lengkap. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk benar-benar memilih pilihan yang tepat dalam hal ini. Jadi sebetulnya, semua pilihan dikembalikan ke kamu selaku mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan.

Baca Juga: 4 Cara Supaya Semangat Kuliah Dan Tidak Drop Out Di Tengah Jalan

 

Tunas Bangsa merupakan akademi yang mampu menciptakan lulusan di bidang teknik informatika, sekaligus solusi atas kebutuhan masyarakat global untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi komputer.

TERTARIK INGIN TAU LEBIH LANJUT TENTANG
TUNAS BANGSA SILAKAN BISA CHAT
DI LINK BERIKUT INI

ISI FORM