Cara Menghadapi UAS dan UTS Bagi Mahasiswa

Ujian Tengah Semester  (UTS) atau Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan sebuah syarat yang harus ditempuh seorang mahasiswa agar bisa melanjutkan ke jenjang semester berikutnya. Bahkan persentase dari nilai UAS dan UTS ini sangat tinggi untuk menentukan lanjut atau tidaknya seorang mahasiswa. Oleh karena itu, persiapan sejak dini sangatlah penting agar kita bisa lulus dalam ujian ini dengan nilai dan hasil yang memuaskan. Selain itu stigma bahwa UAS dan UTS merupakan ujian yang susah dan mengerikan harus dibuang jauh-jauh. Berikut adalah kiat-kiat yang bisa kamu lakukan agar bisa lulus dengan gemilang dari ujian tersebut.

 

Lakukan Belajar Secara Intensif

Multi-ethnic group of friends

Tingkat kesukaran yang akan dihadapi dalam ujian akhir tentunya mudah. Oleh karena itu, mendekati ujian, kamu juga harus melakukan belajar secara intensif. Biasanya jadwal UAS akan diumumkkan seminggu sebelum ujian tersebut berlangsung. Dari sinilah kamu bisa mengantisipasi kesulitan mengerjakan soal yang kamu hadapi dengan cara signifikan. Latihan mengerjakan soal dengan waktu tertentu bisa kamu lakukan, misalnya hari ini kamu bisa mengerjakan soal tertentu dengan waktu 60 menit, besoknya cobalah lagi sampai kamu bisa mengerjakannya dalam waktu 30 menit.

 

Perhatikan Apa Saja Materi Yang Akan Diujikan

Satu hal yang terpenting lainnya dalah kamu tidak boleh membuang-buang waktumu belajar di materi yang tidak diujikan. Jadi kamu harus berfokus pada apa saja yang sekiranya nanti akan keluar saat ujian. Kamu bisa mendapatkan informasi tentang hal ini dari dosen mata kuliah terkait, atau pada teman-teman yang telah mengerjakan ujian serupa semester lalu. Cari referensi sebanyak mungkin agar kamu tidak salah dalam belajar. Tentunya kamu tak mau mengalami mimpi buruk, sudah belajar berjam-jam sehari sebelumnya, tapi saat ujian, semua yang kamu pelajari tidak ada satu pun yang keluar.

 

Pertimbangkan Untuk Belajar Kelompok

Belajar kelompok akan menjadi solusi yang terbaik dalam menghadapi UAS. Kamu bisa bertukar pikiran dengan teman yang juga akan berhadapan dengan ujian yang sama. Siapa tau salah satu dari teman tersebut bisa memberikan banyak pencerahan dan solusi terhadap soal-soal yang sulit. Perlu diperhatikan karena ini adalah belajar kelompok, maka terkadang ada beberapa interupsi yang akan terjadi, misalnya keinginan untuk mengobrol dan membahas hal lain diluar pelajaran. Hindari hal ini dan tetaplah berfokus pada belajar persiapan UTS dan UAS.

 

Perhatikan Kebersihan Soal Jawaban

Kebersihan dari soal jawaban sangat berpengaruh pada penilaian dosen. Jangan sampai kamu membuat dosenmu melihat banyak sekali tipe-ex, coretan, dan lain sebagainya. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan kertas jawaban. Untuk soal essay, cobalah gunakan tulisan yang padat dan jelas, serta tidak bertele-tele. Hal ini akan menambah poin penilaian dosen terhadap jawaban kamu.

TERTARIK INGIN TAU LEBIH LANJUT TENTANG
TUNAS BANGSA SILAKAN BISA CHAT
DI LINK BERIKUT INI

ISI FORM