6 Tips Kuliah Untuk Mahasiswa Jurusan Hukum

Dalam kehidupan kuliah, kamu harus menjalani banyak tantangan baru, terutama bagi mereka yang memilih jurusan hukum. Setiap tahun, banyak sekali lulusan SMA/SMK yang berminat melanjutkan studi mereka di jurusan ini. Tetapi, jurusan ini juga memberikan tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Pasalnya, banyak materi-materi tentang hukum yang membuat kamu pusing jika tidak ada kesiapan sebelumnya. Tentu saja jika kamu bisa menghadapinya dengan benar, kamu tidak akan membuang-buang waktumu untuk hal yang tidak penting. Berikut adalah tips kuliah untuk mahasiswa jurusan hukum yang bisa kamu terapkan.

 

Miliki “Buku Wajib” Ilmu Dasar Tentang Hukum

Maksud dari supaya tidak tersesat adalah kamu harus paham pondasi awal dari pelajaran tentang hukum ini. Dengan memiliki beberapa buku wajib tentang hukum, kamu akan bisa membawa diri lebih mudah memahami materi-materi tentang mata kuliah ini. Biasanya dosen-dosen akan memberikan beberapa rekomendasi buku yang wajib dimiliki untuk belajar tentang hukum. Inilah yang harus kamu ikuti. Meskipun sekarang teknologi sudah canggih dan kamu bisa mencari bantuan dengan Google, kamu tetap harus belajar pondasi awal lewat buku wajib tersebut.

 

Bergabunglah Dengan Kegiatan Organisasi Maupun Kajian Kelompok

Jangan pernah menjadi mahasiswa kupu-kupu (Kuliah Pulang Kuliah Pulang). Kamu tak akan bisa mendalami makna sebenarnya dari materi kuliah hukum kalau hanya tau teorinya saja. Kamu juga wajib mempraktekannya dalam dunia sehari-hari. Caranya adalah dengan rajin mengikuti kegiatan organisasi dan kelompok. Jadikan hal ini sebagai sumber pelajaran kamu untuk menghadapi tantangan di kemudian hari.

 

Dosen Hanya Mengarahkan, Sisanya Kamu Harus Belajar Sendiri

Ingat, dosen hanya mengarahkan kamu dan memberikan materi-materi yang sesuai dengan buku wajib yang diberikan. Mereka juga akan memberi contoh kasus untuk kamu pelajari. Tapi sisanya kamu harus belajar sendiri! Entah itu di rumah, di kampus maupun kerja kelompok bersama teman-teman. Sebagai mahasiswa hukum, kamu wajib menerapkan pola belajar yang mandiri serta independen. Hal ini untuk mempertajam intuisi kamu menghadapi materi tentang hukum yang benar-benar harus teliti dan akurat.

 

Bergabung Dengan Workshop dan Pelatihan

Kamu juga perlu memanfaatkan sejumlah workshop dan pelatihan tentang materi hukum agar pemahaman yang didapatkan semakin meningkat. Tetapi, dalam workshop tersebut jangan hanya menjadi mahasiswa yang mendengarkan saja apa yang dijelaskan narasumber. Kamu juga harus berperan aktif dalam mengajukan pertanyaan dan juga mencatat setiap detail penting yang dijelaskan didalamnya.

 

Implementasikan Kemampuanmu Melalui Magang

Yang terpenting adalah mengimplementasikan kemampuan yang dimiliki melalui magang. Memang masa-masa kuliah adalah hal yang penting. Kamu harus mengikuti beberapa pelajaran di kelas. Tapi magang juga menjadi sebuah hal yang tepat untuk menerapkan ilmu yang didapat dalam dunia masyarakat. Kamu bisa magang di kantor notaris, atau perusahaan yang membutuhkan staff legal intern didalamnya.

 

Tempatkan Dirimu Di Posisi Netral

Jadikan dirimu berada di posisi netral. Kamu harus independen dan tidak memihak kepada siapapun. Hal ini sangat penting supaya kamu bisa menimbang dengan baik dan adil setiap masalah yang dihadapi didepan. Kamu juga akan bisa melihat sebuah kasus dengan pikiran yang jernih dan mengambil keputusan yang adil dan tepat.

TERTARIK INGIN TAU LEBIH LANJUT TENTANG
TUNAS BANGSA SILAKAN BISA CHAT
DI LINK BERIKUT INI

ISI FORM