Kendala yang sering mahasiswa alami saat ingin kerja sambil tetap kuliah adalah waktu. Banyak mahasiswa berpikir tidak akan sempat dan tidak bisa untuk membuat keduanya berjalan lancar. Padahal, semua ada triknya dan asal kamu mau mengusahakannya, maka kamu pasti bisa.

Ikuti 6 tips di bawah ini kalau kamu memang mau kuliah sambil kerja dengan seimbang dan tetap bisa ikut organisasi dan mengerjakan tugas kuliah. Walau padat dan terlihat melelahkan, tapi hasilnya memuaskan, lho.

 

1. Pilih pekerjaan paruh waktu yang sesuai

Kamu hanya butuh mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan waktu yang kamu punya. Kalau memang pagi sampai siang kamu kuliah, maka kamu bisa mulai kerja sore sampai malam. Dengan begitu keduanya bisa berjalan lancar dan beriringan.

2. Gunakan akhir pekan untuk mengerjakan tugas

Dibanding dengan mengerjakan yang tidak pasti, lebih menyenangkan untuk menggunakannya sebagai waktu mengerjakan tugas. Pastikan dua hari akhir pekan itu kamu gunakan dengan efektif khusus untuk tugas.

3. Ikut organisasi? Bisa kalau kamu mau atur waktu

Pekerjaan paruh waktu tidak begitu menyita waktu kalau kamu bisa mengaturnya dengan baik. Sesuaikan saja dengan jadwal organisasi yang kamu ikuti. Dengan begitu kamu tetap bisa bekerja, kuliah dan ikut organisasi dengan seimbang.

4. Tidak terfokus pada satu hal dan mengabaikan yang lain

Terlalu fokus dengan satu bidang akan membuatmu melupakan yang lain. Sebaiknya latih dirimu untuk bisa profesional. Saat kamu terlalu stres dengan waktu yang minim maka kamu tidak akan produktif. Pikirkan hasil baik yang akan kamu dapatkan maka kamu akan mendapat suntikan semangat.

5. Efektif bekerja setelah tidak lagi ada urusan kuliah

Jangan memikirkan kuliah saat kamu sedang bekerja dan jangan memikirkan kerja saat kamu sedang kuliah. Belajarlah untuk fokus supaya kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Jika pikiranmu tercampur aduk, pekerjaan dan kuliah yang kamu lakukan tidak akan berjalan baik.

6. Menghindari multitasking

Jangan mengerjakan dua pekerjaan dalam satu waktu. Mulailah memiliki catatan prioritas tentang mana yang paling penting dan genting. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah mengerjakan semuanya tanpa masalah. Multitasking hanya akan menimbulkan hasil yang setengah-setengah.

 

Terkadang segala sesuatu butuh langsung dikerjakan tanpa terlalu banyak dipikirkan. Jika kamu terlalu fokus dengan minimnya waktu, kamu malah jadi stres sendiri. Mulailah menjadi anak muda yang tertstruktur dan teratur dalam hal waktu. Kamu sendiri yang akan merasakan banyak keuntungannya nanti.

TERTARIK INGIN TAU LEBIH LANJUT TENTANG
TUNAS BANGSA SILAKAN BISA CHAT
DI LINK BERIKUT INI

ISI FORM