4 Tips Supaya Tidak Menjadi Mahasiswa Abadi

Seseorang yang terlalu lama dalam menempuh perkuliahan biasanya mendapatkan julukan sebagai mahasiswa abadi. Normalnya dibutuhkan waktu 3 tahun saja untuk menyelesaikan pendiikan D3, tapi jika sampai 4 – 5 tahun tidak lulus-lulus, maka ada hal yang perlu dipertanyakan dari mahasiswa tersebut. Bahkan beberapa kampus memberlakukan sistem DO atau Drop Out untuk mereka yang tidak segera lulus dalam kuliahnya. Menjadi mahasiswa abadi tentu saja akan memberikan beban, terutama bagi orang tua yang sudah bekerja keras mencari uang untuk membiayai kuliah. Belum lagi beban mental seperti malu, depresi, dan lain sebagainya. Untuk itulah menjadi mahasiswa abadi harus dihindari. Berikut kiat yang bisa kamu lakukan agar tidak menjadi mahasiswa abadi di kampus.

 

Jangan Menunda Mengerjakan Laporan Tugas Akhir

Biasanya di tahap inilah seorang mahasiswa akan mengalami tantangan yang berat. Disinilah beberapa mahasiswa berpotensi untuk menyerah di tengah jalan dan memilih menambah masa kuliah yang dimiliki. Tugas akhir menjadi sarana untuk menguji tingkat keseriusan mahasiswa dalam memenuhi tanggung jawab perkuliahannya. Meskipun menjadi sebuah momok, tugas akhir sebetulnya tak terlalu sulit dikerjakan jika semua persiapan yang kita lakukan sudah matang sejak dini, misalnya menghubungi dosen pembimbing, melakukan penelitian, mencari banyak referensi di perpustakaan, dan lain sebagainya.

 

Bisa Membagi Waktu untuk Kuliah, Kerja dan Organisasi

Ada tiga kesibukan yang akan kamu lakukaan selama menjadi mahasiswa, antara lain kuliah, berorganisasi, dan bekerja. Meskipun terlihat cukup sulit, kamu sebetulnya bisa membagi tiga waktu tersebut dengan baik. Banyak sekali contoh mahasiswa-mahasiswa yang bisa menyelesaikan kuliahnya tepat waktu padahal dia sosok yang super sibuk. Dia harus bekerja untuk membiayai kuliahnya, sementara dia juga menjabat posisi penting di organisasi kampus. Nyatanya itu adalah tantangan yang harus dilewati. Jika kamu memang super sibuk, tapi pandai membagi waktu, tentu tak akan ada masalah signifikan yang terjadi pada kuliahmu.

 

Kuliah Tepat Waktu dan Tak Pernah Membolos

Biasanya seorang mahasiswa terpaksa menambah masa waktu pendidikannya karena ada satu atau dua mata kuliah yang nilainya dibawah standard.  Salah satu penentu dari lulus tidaknya seorang mahasiswa dalam mata kuliah tertentu adalah tingkat kehadirannya. Jika kamu ingin lulus tepat waktu, jangan pernah tidak masuk kuliah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Absensi benar-benar berpengaruh terhadap penilaian, dan beberapa dosen juga tau siapa saja yang tak hadir dalam kuliahnya.

 

Memahami dan Mengetahui Semua Syarat-Syarat Lulus Kuliah

Seorang mahasiswa jika mau lulus kuliah, umumnya harus memenuhi beberapa syarat diantaranya semua SKS yang dibutuhkan sudah terpenuhi, telah mengikuti magang atau KKN, lulus dalam ujian TOEFL, dan lain sebagainya. Setelah kamu mengetahui semua syarat-syarat tersebut, maka kamu akan bisa mengatur strategi perkuliahan yang tepat sejak dini. Hal tersebut pastinya akan membuatmu bisa lulus dalam perkuliahan dengan waktu yang tepat.

TERTARIK INGIN TAU LEBIH LANJUT TENTANG
TUNAS BANGSA SILAKAN BISA CHAT
DI LINK BERIKUT INI

ISI FORM