4 Cara Mudah Supaya Dapat Beasiswa

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dengan mengikuti program beasiswa. Keuntungan yang paling utama adalah mendanai biaya operasional kamu selama kuliah di perguruan tinggi. Pasalnya, semua orang tau bahwa biaya kuliah tidaklah sedikit. Banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membeli buku, dan perlengkapan tak terduga lainnya. Jadi dengan adanya beasiswa akan benar-benar membantu kamu dalam hal finansial kebutuhan kampus. Selain itu, mendapatkan beasiswa ini juga tidaklah susah. Kamu bisa mendaftar program beasiswa jenis apapun, baik itu yang dibuka oleh pihak kampus, pemerintah, perusahaan BUMN, maupun Swasta. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan agar mudah mendapatkan beasiswa.

 

1. Carilah Info Sebanyak Mungkin

Sebagaimana yang dijelaskan diatas, kamu bisa mendapatkan informasi tentang beasiswa baik itu dari kampus, pemerintah, BUMN, dan swasta. Supaya kamu tidak ketinggalan dengan informasi tersebut, kamu harus aktif mencarinya sejak awal masuk kuliah. Cek baik-baik apakah dikampus kamu mengadakan beasiswa? Jika iya apa saja syarat-syarat yang harus kamu ajukan. Cek juga website pemerintah dan juga perusahaan BUMN dan Swasta. Di mesin pencari, kamu akan bisa mendapatkan banyak informasi tentang beasiswa yang bisa kamu apply.

 

2. Pertimbangkan Mengajukan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri adalah hal yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif.  Tapi salah satu syarat utama yang harus kamu penuhi adalah belajar bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Jadi kamu benar-benar harus serius mempelajari bahasa asing dan mendapatkan nilai TOEFL yang bagus. Kalau kamu bisa mendapatkan nilai TOEFL yang bagus, maka akan semakin banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Peluang mendapatkan beasiswa akan semakin cepat diperoleh.

 

3. Tanyakan Ke Dosen dan Staff Kampus Tentang Program Beasiswa

Kamu juga bisa bertanya kepada staff kampus atau dosen supaya memberikan informasi tentang adanya program beasiswa ini. Tentu saja banyak dari mereka yang sebelumnya telah mendapatkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Atau bisa jadi mereka memiliki pengalaman mendapatkan beasiswa menarik yang tak pernah kamu sangka sebelumnya. Kamu bisa bertanya kepada dosen kamu yang bergelar S2 (Master) atau S3 (Doktor) untuk mendapatkan informasi terkait rekomendasi beasiswa yang bisa kamu pilih.

 

4. Selalu Memanfaatkan Peluang Yang Ada Di Depan

Saat kamu melihat adanya peluang mahasiswa yang terbuka lebar, dan kuotanya masih kosong, segeralah kamu mengajukan apply. Semakin cepat kamu melihat peluang ini, semakin besar pula kesempatan untuk mendpatkan beasiswa tersebut. Tips yang bisa kamu terapkan adalah sering melihat mading atau majalan dinding di kampus. Kenapa? Karena disitulah segala informasi tentang kemahasiswaan ditempelkan. Kamu akan bisa mendapatkan informasi tentang beasiswa dengan mudah dan cepat.

 

TERTARIK INGIN TAU LEBIH LANJUT TENTANG
TUNAS BANGSA SILAKAN BISA CHAT
DI LINK BERIKUT INI

ISI FORM