Pernah gak sih kamu terpikir untuk kerja sebelum kamu lulus? Atau kamu malah merasa bahwa waktu yang sekarang kamu punya itu kurang? Sebenarnya, semua tergantung pada kelihaian kamu dalam mengatur waktu. Semakin kamu punya time management yang baik, semakin menguntungkan untuk dirimu sendiri.

Seperti semua keuntungan di bawah ini yang cuma bisa didapatkan oleh kamu yang bekerja sebelum lulus kuliah. Biarpun lelah, tapi bisa jadi bekal luar biasa buat masa depanmu nanti!

1. Kamu bakal punya pengalaman kerja setelah lulus nanti

Ada 7.04 juta pengangguran di Indonesia per Agustus 2017. Tandanya, ada begitu banyak sarjana yang tidak bisa mendapatkan satupun pekerjaan. Gelar itu penting, pendidikan itu harus, tapi pengalaman juga penting. Kalau kamu hanya mengandalkan gelar tanpa pengalaman, maka kamu akan bersaing dengan jutaan orang yang sama denganmu. Sedangkan kalau kamu punya pengalaman, kamu jadi berbeda karena kamu pernah mengalami hal yang belum pernah orang lain alami yaitu bekerja sambil kuliah.

2. Kamu jadi punya banyak relasi

Di tempat kerja, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang pastinya lebih tua dan lebih memiliki banyak pengalaman darimu. Mereka inilah relasi barumu yang harus kamu jaga sampai kapanpun. Kamu akan bertemu dengan orang yang bisa jadi kamu butuhkan di masa depan. Bekerja bukan hanya membuatmu melihat betapa luasnya bidang yang kamu dalami, tapi juga mengajarkanmu bagaimana membangun komunikasi yang baik dalam dunia sekuler.

3. Kamu jadi belajar cara mengatur waktu

Mau tidak mau, kamu harus mengatur ulang jadwalmu dan bahkan mengurangi sedikit waktu mainmu yang tadinya setiap hari jadi akhir pekan saja. Kamu dituntut untuk menyeimbangkan antara kuliah, kerja, main dan tugas kuliahmu. Tidak gampang memang. Tapi tidak gampang bukan berarti tidak bisa. Selama kamu mau mangusahakannya, maka semuanya pasti bisa berjalan beriringan dan tepat sesuai dengan yang kamu rencanakan.

4. Kamu lebih menghargai uang karena kamu tahu sulitnya mencari kerja

Saat kamu membuka diri untuk mulai mencari kerja, kamu pasti paham bahwa tidak mudah mencari sebuah pekerjaan yang cocok dengan bidang yang kamu suka. Dari hal inilah kamu jadi tahu bahwa orangtua yang menyekolahkanmu itu butuh perjuangan. Yang awalnya kamu boros, kamu jadi lebih teratur dalam menggunakan uang. Selain itu, uang hasil pekerjaanmu juga bisa kamu buat untuk membayar biaya pendidikanmu, kurang menguntungkan apa coba?

5. Kamu bisa langsung mengaplikasikan apa yang diajarkan dari kampusmu

Kalau kamu mahasiswa sastra, kamu bisa mencoba mengambil pekerjaan freelance sebagai translator atau interpreter. Bisa juga mencoba mengajar privat anak-anak kecil di sekitar rumahmu. Sebenarnya ada banyak peluang asal kamu gak malas mencarinya. Apa yang diajarkan kampusmu jadi bisa lebih kamu mengerti karena dipraktekkan langsung. Bisa jadi, kamu akan lebih pintar dalam pelajaranmu di kampus karena tuntutan pekerjaan yang membuatmu harus belajar lebih.

6. Kamu jadi anak muda yang sibuk dengan hal positif

Saat teman-temanmu yang lain sibuk karena main, kamu justru jadi sibuk karena harus membagi waktu antara kerja dan kuliah. Sekarang ada banyak kok kampus yang mendukung mahasiswanya untuk bekerja. Yang penting kamu tetap bertanggung jawab dan tidak menyepelekan kehadiranmu di kampus. Tempatmu bekerja juga pasti paham tentang kondisimu yang masih kuliah. Kalau kamu mengisi masa mudamu dengan hal-hal yang baik dan menjadikannya kebiasaan, kamu akan tumbuh juga jadi pribadi yang positif. Bukan cuma punya ilmu, tapi kamu punya karakter.

Sejak kuliah, justru kamu harus mulai memiliki pengaturan waktu yang baik. Setelah lulus nanti, kamu bukan cuma punya ilmu yang cukup ataupun gelar yang tinggi, tapi kamu juga bakal punya pengalaman kerja yang gak semua sarjana punyai. Ketika kamu ingin bekerja di tempat yang kamu mau, kamu pasti bisa lebih diperhitungkan dibandingkan yang lain. Semangat raih masa depanmu yang cerah, ya. Kalau bukan kamu yang usaha, siapa lagi?