5 Kemampuan Soft Skill Yang Dicari Perusahaan

Banyak yang sudah membuktikan bahwa pengaruh soft skill sangat signifikan dalam dunia kerja. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa kemampuan soft skill ini lebih penting porsinya untuk dimiliki ketimbang kemampuan akademis, atau hard skill. Kemamuan soft skill sendiri buaknalh sesuatu yang bernilai akademis. Namun soft skill lebih mengarah pada interpersonal seseorang atau bagaimana cara dia menjalin hubungan dengan orang lain. Bahkan soft skill juga menjadi acuan perusahaan untuk menyaring calon karyawan yang ingin bekerja di tempat mereka. Berikut adalah beberapa kemampuan soft skill yang dicari oleh perusahaan-perusahaan dari calon pelamarnya.

 

1. Komunikasi Yang Baik

Soft skill semacam ini memang tak pernah lekang oleh waktu. Sampai kapanpun kemampuan dalam komunikasi yang baik adalah sebuah value yang dicari oleh banyak perusahaan. Pasalnya, jika anda bisa memiliki komunikasi yang baik, anda tidak akan mengalami kesulitan dalam membangun relasi. Selain itu, anda juga akan bisa mengembangkan perusahaan dengan lebih baik dan maksimal lagi. Seperti yang diketahui bahwa didalam satu kantor, anda tidak hanya bekerja dengan satu orang saja, tapi anda juga bekerja dengan banyak orang.

 

2. Pola Pikir Yang Out of The Box

Orang yang memiliki soft skill bagus akan mampu berpikir secara out of the box. Disinilah mereka mampu menciptakan ide yang original sehingga bisa menjadi value yang amat tinggi bagi perusahaan. Dengan kreativitas tersebut orang yang soft skill-nya bagus akan bisa menciptakan inovasi istimewa yang menguntungkan bagi perusahaan. Kenapa? Karena dari titik inilah mereka mampu menciptakan sebuah inovasi yang berbeda dan lain daripada yang lain.

 

3. Punya Keinginan Tinggi Untuk Belajar

Soft skill yang bagus juga akan bisa diukur dari bagaimana mereka memiliki kemauan untuk belajar tentang hal-hal yaang baru. Tentu saja orang yang punya keinginan belajar tinggi tidak hanya menguntungkan bagi perusahaan, tapi juga bagi kemajuan dirinya sendiri. Pada akhirnya mereka pun akan memiliki kemampuan dan pengalaman baru dalam bekerja. Skill semacam ini memang juga dicari oleh perusahaan yang pastinya punya kecenderungan mengeluarkan kebijakan baru. Apakah karyawan tersebut akan siap belajar dengan hal yang baru? Disitulah soft skill menentukan segalanya.

 

4. Bisa Menjadi Leader Yang Baik Saat Dibutuhkan

Ada kalanya seorang karyawan bisa menjadi seorang leader atau PIC (Person in Charge) secara tiba-tiba. Disini mereka akan menjadi orang yang pertama bertanggung jawab terhadap jalannya sebuah project yang dijalankan perusahaan. Kalau sudah demikian, seorang karyawan yang memiliki kemampuan leadership yang baik bisa menjadi penolong disaat genting. Pada saat ada proyek dadakan, mereka bisa tau bagaimana caranya untuk melakukan presentasi secara baik dan formal. Serta mereka juga bisa mengarahkan tugas timnya secara optimal.

 

5. Tak Kenal Menyerah

Apapun tantangan yang ada didepan, seorang karyawan tidak boleh menyerah. Disinilah soft skill berperan penting dalam memacu seseorang apakah dia kuat menghadapi tekanan dan tantangan dalam dunia kerja atau tidak. Sikap yang semacam ini biasanya akan menonjol terlihat dan membuahkan apresiasi dari karyawan lainnya.

TERTARIK INGIN TAU LEBIH LANJUT TENTANG
TUNAS BANGSA SILAKAN BISA CHAT
DI LINK BERIKUT INI

ISI FORM